PERKEMBANGAN ALAT TRANSPORTASI DARI ZAMAN KE ZAMAN

roda

Dalam perkembangannya, transportasi dari masa ke masa terus berkembang secara perlahan. Dulunya alat transportasi dibantu dengan pemanfaatan hewan seperti kuda, unta dan gajah untuk perjalanan di darat dan penggunaan rakit untuk perjalanan yang melintasi sungai.

Sarana transportasi sendiri diawali dengan penemuan roda  sekitar 3500 SM. Pada masa itu roda dibuat dari kayu yang sangat berat.

sejarah roda

Alat Transportasi dibagi menjadi 3 macam transportasi darat,laut dan udara. perkembangan 3 alat transportasi tersebut akan kita kulik sedikit demi sedikit ya sobat people :

1. Transportasi Darat

kereta kuda

Transportasi darat diawali dengan penggunaan tenaga hewan dan manusia untuk berpindah tempat. Hewan seperti kuda, unta dan gajah digunakan sebagai tunggangan. Tenaga manusia lebih dominan di pakai untuk mengangkat tandu.

Setelah ditemukan roda perkembangan alat transportasi darat mengalami kemajuan. Kereta kuda pun dibuat pertama kali dengan memakai roda untuk mempercepat perjalananan. Setelah itu kendaraan lain yang ditemukan adalah mobil mesin uap pada tahun 1769 oleh Nicholas J Cuknot. Kecepatan mobil ini masih sama seperti manusia berjalan. Mobil uap ini digunakan tentara Perancis untuk mengangkut peralatan perang.

Selain Nicholas ada lagi ilmuwan lain yang membuat mobil mesin uap yaitu William Murdock yang bekerja sama dengan James Watt pada tahun 1784. Ada juga Richard Trevitchik, Sir G Gurnay yang pada tahun 1830 mobil uapnya sudah dapat melaju denga kecepatan 20 km/ jam.

Di tahun 1860 seorang insinyur Perancis yaitu Joseph E. Lenoir berhasil membuat sebuah mesin dengan bahan bakar campuran antara batu bara dan gas serta udara atmosfer.

Mobil di dunia pertama kali dengan bahan bakar bensin ditemukan oleh Carl Benz. Sedangkan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach dari Sttugart juga ikut mengembangkan mobil dengan bahan bakar bensin ini pada waktu yang hampir bersamaan. Pada tahun 1879, Carl Benz menyelesaikan penemuannya tersebut dan menjadi sejarah ditemukan mobil di dunia pertama kali yang dipatenkannya.

Sebuah penemuan baru lagi yaitu mobil dengan model mesin dua stroke akhirnya dipatenkan kepada George B. Selden pada tahun 1895, Sejarah ditemukan mobil di dunia pertama kali dengan model mesin yang spektakuler juga sempat menjadi sebuah terobosan bagi Berta Benz pada tahun 1888.

Dalam jangka waktu beberapa tahun, akhirnya beberapa model dan tipe mobil yaitu tenaga uap, listrik dan bensin ini pada tahun tersebut mengalami persaingan. Diproduksinya mobil dengan skala besar dan harga terjangkau pada jaman tersebut, tahun 1902 oleh Oldsmobil menjadi berkembang pesat. Kemudian pada tahun 1910 lebih dikembangkan lagi besar-besaran oleh Henry Ford.

2. Transportasi Air

kapal uap

Perkembangan transportasi air nggak lepas dari penemuan mesin uap oleh James Watt. James Watt telah menginspirasi Robert Fulton, yang membuat kapal uap pertama, dengan nama "Clermont". Penemuan kapal uap dapat memudahkan banyak orang menyeberangi lautan.

Selain kapal uap, ada pula kapal selam, yaitu kapal yang bergerak di bawah permukaan air yang umumnya untuk kepentingan militer. Sejarah kapal selam berawal sejak tahun 1500 masehi dan mulai muncul pada abad ke-19. Penemu kapal selam adalah Cornelis Drebbel. Kapal selam mulai terkenal sejak digunakan pada Perang Dunia I.

3. Transportasi Udara

balon udara

Transportasi udara diawali dengan penemuan balon udara. Pada tahun 1782 Joseph dan Jacques Etienne berhasil menerbangkan balon udara setinggi 300 meter untuk pertama kalinya. Setahun kemudian mereka menerbangkan bebek, domba dan ayam sejauh 500 meter. Atas keberhasilan ini balon udara pun dipakai sebagai alat transportasi via udara.

Perkembangan transportasi udara berikutnya ditandai dengan penemuan pesawat terbang yang dijuluki sebagai “Kitty Hawk”. Kala itu, pada tahun 1903, Orville dan Wilbur Wright merancang mesin pesawat terbang. Hingga akhirnya, rancangan pesawat terbang mereka bisa berguna mengangkut manusia maupun barang dengan jarak yang jauh secara cepat.

Belum puas dengan mesin pesawat yang dirancang Wright bersaudara, tepat pada tahun 1905 seorang insinyur bernama Henri Conda dari Rumania mengembangkan mesin pesawat jet. Prinsip kerja mesin jet yang diterapkan pada pesawat adalah menghisap udara dari bagian depan mesin dan mengeluarkannya dengan laju tinggi dari bagian belakang mesin. Barulah pada abad ke-20, pesawat berukuran besar seperti Airbus dan Boeing mulai digunakan untuk penumpang.


Comments