MASA TERBAIK PENGGUNAAN SKIN CARE

skin care

Kosmetik dan produk perawatan memiliki masa pemakaian yang berbeda-beda.Masa pemakaian ini akan lebih panjang jika produk belum dibuka dari kemasannya. Produk yang sudah dibuka akan lebih cepat rusak karena terkontaminasi dengan udara dan bakteri,sehingga terjadi proses oksidasi dan lain lain. 

Setiap produk umumnya memiliki masa periodiknya, artinya jika digunakan dalam masanya akan memberikan hasil yang maksimal dibandingkan jika digunakan setelah masa kadaluarsanya. 

skin care

Ketahanan produk di dalam botol dengan produk yang dikemas dalam wadah (pot/jar) juga berbeda. 

Berikut panduan umum masa terbaik penggunaan skincare setelah dibuka kemasaanya :

1. Cleanser

cleanser

Bisa bertahan 6 bulan-1 tahun setelah dibuka. Bisa bertahan 2-3 tahun dalam keadaan belum terbuka 

2. Toner

Bisa bertahan 6 bulan-1 tahun setelah dibuka. Bisa bertahan 2-3 tahun dalam keadaan belum terbuka. 

3. Moisturizer

mouisturizer

Umumnya disarankan untuk dipakai tidak lebih dari 1 tahun setelah produk dibuka.

4. Scrub Wajah

Bisa bertahan 6 bulan - 1 tahun masa pakai. Dalam keadaan belum dibuka akan bertahan hingga 2-3 tahun.

5. Eye Cream

eye cream

Karena memiliki fungsi yang spesifik, disarankan tidak lebih dari 1 tahun penggunaan setelah dibuka, lebih baik sekitar 6 bulan - 1 tahun.

6. UV Sun Screen

Biasanya memiliki masa bertahan yang lebih lama, rata-rata 1 tahun setelah produk dibuka. Namun jika berubah warna dan bau hentikan penggunaan.

7. Serum 

Bisa bertahan 6 bulan - 1 tahun setelah kemasan dibuka. Saya sangat menganjurkan untuk menggunakan serum dalam waktu yang dianjurkan, karena bahan aktifnya akan semakin berkurang jika dipakai dalam waktu yang melebihi batas waktu terbaiknya.

8. Masker

Disarankan untuk dipakai dalam jangka waktu 6 bulan -1 tahun setelah produk buka. Jika terjadi perubahan warna, bentuk atau aroma walaupun belum 1 tahun hentikan penggunaan. 

Tujuan mengetahui masa kadaluarsa produk adalah untuk menjaga agar tidak terjadi masalah pada kulit kita akibat menggunakan produk yang rusak. Jadi ada baiknya kita mengingat sudah berapa lama produk yang kita gunakan tersebut dibuka dari segelnya.

 

Comments