22 JENIS SEPATU WANITA

sepatu wanita

Sepatu merupakan salah satu hal paling penting yang harus dimiliki wanita. Banyaknya sepatu yang dimiliki bukan tanpa alasan. Hal ini karena biasanya setiap jenis sepatu yang dimiliki punya fungsi yang berbeda mulai dari jalan-jalan biasa, main bersama teman, pergi kerja, sampai dengan ke acara resmi dan formal seperti undangan.

Maka dari itu, seringkali membeli sepatu menjadi kegiatan yang tidak terlalu mudah untuk dilakukan. Jenis sepatu apa yang harus dibeli? Baju dan celana apa yang cocok dengan sepatu itu? Seberapa tinggi hak yang dipilih supaya bisa tetap nyaman?

sepatu wanita

Semua hal tersebut adalah masalah yang biasa ditemukan para wanita ketika akan membeli sepatu. Sehingga membuat membeli sepatu tidak semudah yang dibayangkan.

Untuk itu, berikut adalah tipe-tipe sepatu wanita yang perlu sobat people ketahui :

1. PUMPS

pumps

Pumps adalah jenis sepatu berhak tinggi maupun sedang dengan bagian jari kaki tertutup. Pumps juga sering kali disebut dengan nama court shoes dan umumnya tidak bertali strap. Salah satu ciri khas sepatu pumps adalah hak yang tidak tajam seperti stiletto.

2. STILETTO

stiletto

Stiletto sedikit banyak memiliki persamaan dengan pumps. Tapi, biasanya stiletto memiliki hak yang tipis, panjang, dan tinggi. Stiletto bahkan dianggap sebagai musuh sekaligus kawan wanita. Bagaimana tidak, stiletto sendiri memiliki tampilan yang cantik, mereka yang memakainya akan menjadi lebih menarik. Stiletto sendiri dikenal sebagai sepatu yang berharga tinggi.

3. KITTEN HEELS

Jenis sepatu ini adalah sepatu dengan hak pendek, biasanya setinggi hanya 1,5 hingga 1,75 inci, ditambah dengan sedikit lekukan di bagian belakang sepatunya. Sepatu jenis ini merupakan sepatu favorit banyak wanita tenar seperti Audrey Hepburn, Hilary Clinton dan Michelle Obama. Sepatu jenis ini paling tidak masuk ke dalam 5 sepatu formal wanita terbaik.

4. ANKLE BOOTS

ankle boots

Ankle Boots adalah jenis sepatu boots yang menutupi mata kaki dan bagian bawah kaki sang pemakai. Jenis sepatu ini dapat digunakan untuk suasana santai maupun formal.

5. T-STRAPS

t-straps

Tipe sepatu ini pertama kali dipopulerkan di tahun 1920-an. Cirinya adalah  strap melingkar di bagian pergelangan kaki yang membentuk huruf T. Meski memiliki kesan cantik dan anggun, tapi ada perdebatan apakah sepatu tipe ini temasuk ke dalam sepatu formal atau tidak.

6. WEDGES

Tipe jenis ini kini sedang naik daun. Tipe sepatu wedges memiliki tipe khas yaitu sol nya tebal dan juga memiliki fungsi sebagai heels. Biasanya solnya akan lebih tebal di bagian belakang daripada di bagian depannya. Menjadikannya sepatu layaknya hak tinggi seperti pumps

7. CONE HEELS

cone heels

Tipe sepatu ini memiliki desain hak yang lebar di bagian pangkalnya, tapi mengerucut di ujungnya. Cone dalam bahasa Inggris berarti kerucut. Oleh karena itu sepatu cone heels haknya berbentuk seperti kerucut. Cone heels memiliki keunikan tersendiri dan berbeda dari tipe-tipe sepatu hak lainnya. Biasanya tipe sepatu ini digunakan dengan outfit atau pakaian yang menggoda.

8. GLADIATOR SANDAL

gladiator sandal

Sandal jenis ini memiliki jenis banyak tali yang mengikat area kaki mulai dari telapak, mata kaki dan ada juga yang sampai area betis sehingga kadang seperti sulit untuk memakainya.

Tapi saat ini sudah banyak merek sandal Gladiator yang memang didesain tanpa perlu di ikat manual yang melilit betis.

9. GLADIATOR BOOTS 

Hampir sama dengan tipe sendal, gladiator boots juga memiliki bentuk serupa. Hanya saja, kerap kali modelnya ada yang tertutup. Tipe ini sangat nyaman dan cocok untuk digunakan untuk acara casual.

10. SLING BACK HEELS

Tipe ini adalah sepatu yang dilengkapi dengan strap di bagian belakang tumit. Sepatu ini memiliki desain yang berkelas dan salah satu tipe sepatu yang harus dimilliki oleh wanita, paling tidak satu pasang.

11. BALLERINA FLATS

ballerina flats

Sepatu flat ala balerina ini juga biasa disebut dolly. Sepatu ini didesain yang terinspirasi dari sepatu balet. Dengan heels yang tipis, atau bahkan tidak memiliki heels sama sekali, sepatu ini juga memiliki ciri khas bagian depan yang tertutup.

12. OXFORDS

Sepatu tipe oxford ini memiliki karakter berupa tali sepatu di bagian depannya. Mulanya, sepatu ini didesain untuk digunakan dalam acara resmi, sebagai pasangan sepatu pantofel oxford untuk pria. Hanya saja, sekarang sudah ada banyak sepatu tipe oxford yang memiliki desain casual.

13. TRAINERS

trainer shoes

Sepatu karet, sepatu atletik, sneakers, trainers, sepatu gym, adalah tipe-tipe sepatu yang sulit untuk dibedakan. Tapi, trainers adalah sepatu yang didesain untuk perempuan untuk memenuhi kebutuhan aktivitas olah raga yang dilakukan wanita.

14. LOAFERS

Loafers bisa jadi merupakan sepatu yang paling populer yang digunakan wanita. Biasanya loafers memiliki desain slip-on. Loafers sendiri disebut-sebut sebagai sepatu paling nyaman yang ada bagi wanita.

15. THIGH HIGH BOOTS

Tipe ini memiliki desain yang wah. Bagaimana tidak, sepatu ini panjangnya sampai ke betis bahkan lutut. Biasanya sepatu jenis ini digunakan dalam situasi informal. Walaupun tidak menutup kemungkinan juga akan digunakan dalam kegiatan formal.

16. MARY JANES

Memiliki model tertutup, dengan potongan rendah dan punya strap di bagian tempurung kaki. Mary Jeans adalah salah satu sepatu yang mirip dengan dolly atau ballet shoes, tapi memiliki ciri khas yang berbeda. Cocok untuk digunakan dalam suasana informal.

17. SPOOL HEELS

spool hells

Jenis sepatu ini memiliki desain yang lebar di bagian atas dan bawahnya, tapi sedikit lebih sempit di bagian tengah. Sepatu ini memiliki kelebihan dalam segi kepraktisan dan kenyamanan dibandingkan dengan tipe sepatu berhak tinggi lainnya.

18. PLATFORM

Dengan bagian sol yang tebal, sampai setebal 3 hingga 10 cm, dan heels atau hak yang tinggi, lebih tinggi dari mata kaki, tipe sepatu ini menambah keanggunan penggunanya. Hanya saja, ini sepatu jenis ini bukan untuk wanita yang ceroboh.

19. PEEP-TOE HEELS

Seperti namanya, sepatu ini memiliki desain dengan bagian depan terbuka sedikit, sehingga bagian jari seakan mengintip dari dalam sepatu. Biasanya tipe sepatu ini juga memiliki hak yang tinggi sehingga tampak anggun digunakan.

20. MULES

Mules berasal dari kata bahasa Prancis yang berarti sandal berbentuk sepatu. Jadi Mules bentuknya seperti sandal yang depannya tertutup seperti sepatu dan terbuka di bagian belakang seperti sandal. Sandal ini memang sedang menjadi tren fashion karena berbagai kelebihan. Salah satunya adalah ia bisa di pakai santai maupun acara semi formal. 

21. ESPADRILLE 

espradille

Jenis sepatu ini sungguh unik. Dengan menggunakan bahan alam sejenis jerami yang bernama Esparto untuk bagian sol-nya, bagian atasnya bisa menggunakan bahan dari katun atau kanvas sehingga nyaman digunakan dan fleksibel.

Karena keunikannya, sepatu ini tampak cantik untuk digunakan ketika berlibur. Tapi, karena haknya yang cukup tinggi, sepatu ini juga cocok untuk digunakan untuk acara yang lebih serius seperti pesta ulang tahun teman di taman misalnya.

22. KANVAS

Sepatu kanvas adalah sepatu casual yang digandrungi oleh banyak orang terutama anak muda. Ia biasanya dipakai untuk suasana santai atau untuk hang out dengan teman-teman. 

Comments