10 MUSEUM TERBAIK DIDUNIA

museum

Museum biasanya dibangun dan didirikan demi melestarikan memori, objek, ataupun sebagai pengingat peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di berbagai belahan bumi. Bisa dibilang memang di setiap tempat di mana manusia tinggal, sejarah selalu saja menyertai, dan semuanya memang butuh untuk selalu diingat.

Jika anda memiliki kesempatan untuk berkunjung ke luar negeri jangan lupa untuk berkunjung ke Museum-Museum di negara tersebut untuk menambah wawasan dan membuat liburan kalian menyenangkan.

museum

Mau tahu museum mana saja yang termasuk museum wajib kunjung dan merupakan museum paling menakjubkan yang ada di dunia?

Berikut 10 Museum terbaik di dunia yang wajib kamu kunjungi :

1. The Metropolitan Museum of Art (New York City, New York)

the metropolitan museum of art

Museum yang kerap disebut The Met ini merupakan salah satu Museum dengan pengunjung terbanyak didunia.

Museum yang berisi berbagai lukisan dan karya seni lain berusia lebih dari 5000 tahun ini berada di tengah kota New York, AS. Bisa banget nih buat belajar sejarah dunia dengan mengunjungi museum ini.

Kamu perlu menyiapkan uang sebesar Rp 342 ribu untuk memasuki museum ini. Namun ada juga paket lain untuk group tour hingga privat tour untuk rombongan.

2. The National WWII Museum (New Orleans, Louisiana) 

THE NATIONAL WWII MUSEUM

Museum ini sebelumnya di kenal dengan nama National The Museum D-Day. Museum ini menyimpan semua barang-barang sejarah mengenai perang dunia ke 2. Berbagai senjata dan alat perang lainnya ada di museum ini. 

Museum ini didirikan pada 6 Juni 2000 kemudian ditetapkan oleh Kongres AS sebagai Museum resmi Perang Dunia ke II pada tahun 2003. Harga tiket masuknya sekitar Rp 381 ribu rupiah.

the national wwll museum

3. Musee d'Orsay (Paris, Perancis)

musee d'orsay

Di museum seni ini, sobat people akan menemukan karya-karya dari pesohor dunia seperti Manet, Monet, Van Gogh, Degas, Cézanne, Garnier dan masih banyak lagi. Tiket masuknya sekitar Rp 200 ribu.

4. The Art Institute of Chicago (Chicago, Illinois)

Museum ini didirikan tahun 1879 dan berlokasi di Grant Park, Chicago. Museum ini merupakan salah satu museum tertua dan terbesar di Amerika Serikat.

Koleksi yang dipamerkan di museum ini terbagi atas sebelas departemen kurasi dan koleksi permanennya mencapai 300 ribu. Beberapa koleksi yang populer antara lain lukisan karya George Seurat yang berjudul A Sunday on La Grand Jatte (1884) dan lukisan The Old Guitarist karya Pablo Picasso.

Berkat koleksi-koleksinya yang menarik inilah setiap tahunnya museum ini dikunjungi oleh 1,5 wisatawan dari berbagai negara. Dengan tiket mulai dari Rp 650 ribuan, kamu bisa mengunjungi museum yang menghadirkan beragam jenis karya seni ini.

5. State Hermitage Museum and Winter Palace (St. Petersburg, Rusia)

hermitage museum

Dengan tiket privat tour Rp 340 ribuan, kamu bisa menjelajahi 4 bangunan utama Hermitage Museum yakni Winter Palace, Small Hermitage, Old Hermitage, New Hermitage and General Staff Building dengan koleksi impresionis.

6. The National 9/11 Memorial & Museum (New York City, New York)

9/11 Memorial & Museum yang berlokasi di 180 Greenwich Street, New York ini termasuk dalam salah satu museum terbaik di dunia. Museum ini didirikan sebagai penghormatan untuk korban tragedi 11 September 2001 di gedung World Trade Center.

Museum ini mempunyai bentuk yang cukup unik karena memperlihatkan jajaran pohon dengan dua kolam yang berada di tengahnya, dulunya lokasi ini adalah twin tower sebelum tragedi 11 September 2001. Arsitek yang merancang memorial ini bernama Michael Arad yang berasal dari Israel.

9/11 Memorial ini dibuka dalam peringatan 10 tahun tragedi tersebut, tepatnya pada tanggal 11 September 2011 dan museumnya baru dibuka untuk umum pada tanggal 21 Mei 2014. Baru tiga bulan setelah tanggal pembukaannya, museum ini sudah dikunjungi oleh lebih dari satu juta wisatawa.

Museum ini dapat dikunjungi setiap hari dengan harga tiket mulai dari USD 15 hingga USD 24 per orangnya.

7. National Museum of Anthropology (Museo Nacional de Antropologia) (Mexico City, Mexico)

Ingin bertandang ke museum antropologi ini? Kamu hanya perlu menyiapkan dana tiket masuknya sebesar Rp 80 ribuan saja kok.

Terdapat artefak arkeologi dan antropologi and anthropological peninggalan Mexico sebelum terjadinya penemuan benua Amerika seperti Batu Matahari (dalam kalender batu Aztec) dan patung Aztec Xochipilli.

8. Acropolis Museum (Athena, Yunani)

Yunani memang dikenal dengan sejarah dan tokoh-tokoh yang memiliki peran terhadap penemuan-penemuan di dunia. Jika kamu penasaran sama sejarah Yunani di masa lampau, kamu bisa mengunjungi museum ini dengan membayar tiket masuk Rp 80 ribuan saja.

9. Prado National Museum (Madrid, Spanyol)

Sobat people bisa berkeliling kota Madrid dan salah satu museum terbaik di dunia ini dengan mengikuti beragam pilihan tour mulai dari Rp 300 ribuan.

10. V&A - Victoria and Albert Museum (London, United Kingdom)

Inggris terkenal dengan berbagai museum yang keren dan penuh sejarah. Salah satunya adalah yang terbaik di dunia yakni Victoria and Albert Museum. Dengan harga tiket masuk mulai dri Rp 150 ribuan, kamu bisa masuk dan menjelajahi museum ini.

Comments