5 FAKTA UNIK TENTANG HANBOK

 

hanbok

Hanbok adalah pakaian tradisional khas Korea yang saat ini menjadi populer tidak hanya di Korea Selatan tetapi juga di luar negeri. 

Hanbok biasanya muncul di banyak drama Korea yang mengangkat cerita kolosal tentang sejarah kerajaan Korea Selatan. 

Dikenal sebagai pakaian tradisional yang sudah ada sejak zaman dahulu, ada terdapat beberapa fakta unik tentang Hanbok mulai dari arti kata hingga makna hanbok. 

Sebelum mengenakan pakaian tradisional Korea Selatan ini, sebaiknya kamu juga mengetahui beberapa fakta untuk tentang hanbok ini.

1. Arti Kata Hanbok

hanbok

Hanbok terdiri dari dua kata, yakni 'Han' yang artinya Korea dan 'Bok' artinya baju, jadi Hanbok secara literal memiliki arti pakaian Korea.

Sudah ada sejak zaman dahulu, saat ini hanbok lekat dengan budaya Korea yang masih terjaga hingga saat ini, dan menjadi populer di banyak tempat.

2. Hanbok Zaman Dulu

hanbok

Pada zaman dahulu hanbok adalah pakaian sehari-hari yang digunakan oleh semua kalangan orang Korea. 

Selain itu hanbok tidak hanya digunakan oleh para kaisar dan kaum borjuis tetapi masyarakat biasa seperti petani, peternak dan pedagang juga mengenakan hanbok.

Terdapat perbedaan antara hanbok pada zaman dahulu dan Hanbok yang sekarang sering kamu lihat pada drama-drama Korea sekarang ini.

Hanbok pada zaman dahulu lebih besar dan longgar, sedangkan hanbok sekarang yang biasa dikenakan oleh artis Korea lebih ngepas dengan tubuh artis tersebut.

3. Perbedaan Antar Hanbok

hanbok

Pada zaman dahulu, meskipun digunakan oleh semua kalangan terdapat perbedaan antara hanbok yang dikenakan kalangan menengah ke atas dan kelas biasa.

Untuk kalangan menengah ke atas, bahan dasar hanbok yang digunakan adalah bahan yang ringan seperti sutera, sedangkan kalangan biasa hanya menggunakan kain berkualitas biasa juga.

Selain bahan, warna juga membedakan kelas dalam masyarakat tradisional Korea.

Kalangan menengah atas boleh memakai hanbok dengan warna apapun, sedangkan kalangan biasa hanya diperbolehkan mengenakan warna putih dan warna-warna yang lebih pucat. 

Warna pada hanbok juga menunjukkan status, seperti perempuan yang memiliki anak laki-laki yang boleh memakai hanbok berwarna biru tua.

Sedangkan perempuan yang sudah memiliki suami diperbolehkan memakai hanbok berwarna ungu.

Pada acara-acara tertentu, wanita yang belum menikah hanya diperbolehkan memakai hanbok dengan perpaduan warna kuning dan merah.

Untuk perempuan yang sudah menikah, mereka bisa memadukan hanbok dengan warna merah dan hijau. 

4. Desain Hanbok

desain hanbok

Dalam anatominya, hanbok bisa dibagi menjadi dua bagian, yakni bagian bahu, lengan dan dada yang disebut jeogori.

Sedangkan pada bagian kedua yakni pada bagian roknya disebut chima.

Biasanya pada bagian rok ini sangat longgar.

Hanbok juga tidak mempunyai saku, ketika kamu melihat seseorang perempuan memasukkan tangannya pada sebuah kantong, sebenarnya dia hanya menyimpan tangannya saja di balik hanbok tersebut.

5. Arti Hanbok

Hanbok juga memiliki makna yang spesial.

Lengan baju hanbok yang terbuka adalah simbol dari bentuk dari kehangatan masyarakat Korea.

Sedangkan pada bagian rok yang longgar adalah simbol dari kebebasan dan kemerdekaan bangsa Korea.

 

Comments