9 RUMAH TERUNIK DI DUNIA

1. Rumah Melengkung

rumah bengkok

Rumah unik yang terkesan aneh ini di ciptakan oleh Szotynscy Zaleski. Sang Arsitek terinspirasi dari ilustrasi dongeng karya Jan Marcin Szncer dan gambar dari seniman Swedia bernama Perl Dalberg.

Rumah yang memiliki luas 4000 meter persegi ini dibangun pada tahun 2003. Rumah melengkung bak di negeri dongeng ini terdapat di Sopot Polandia.

2.  Rumah Terbalik

the upside down

Rumah ini di beri nama The Upside Down House. Rumah ini di desain oleh Daniel Czapiewski dengan bentuk yang terbalik, dimana atap rumah berada dibawah dan lantai berada diatas. 

Tidak hanya bagian luarnya, bagian dalam rumah seperti kamar tidur, toilet, dapur dan pintu juga di buat terbalik. Rumah unik ini terdapat di negara Polandia.

3. Rumah Batu

rumah batu

Rumah batu ini berada di Portugal bagian utara yang berlokasi di Pegunungan Fafe. Rumah batu ini di beri nama Casa Do Penedo atau rumah Flinstones. Di beri nama Flinstones karena rumah batu ini mirip dengan rumah rumah batu di serial tv animasi klasik.

Rumah batu ini memiliki pintu, Jendela antipeluru dan kolam renang dari batu granit raksasa. Meski rumah batu ini berada di pembangkit listrik tenaga angin, penerangan rumah ini tetap menggunakan lilin pada malam hari.

4. Rumah Kerang Raksasa " Nautilus House"

Rumah Kerang Raksasa

Rumah berbentung cangkang kerang raksasa berwarna warni ini dirancang oleh Senosiain Arquitectos di Mexico. Rumah ini dilengkapi dengan kamar tidur, kamar mandi dan dapur.

5. Rumah Sepatu

rumah sepatu

Rumah unik berbentuk sepatu boot ini terletak di Hallem, Pensylvania. Rumah yang terinspirasi dari sepatu boot ini di bangun oleh Colonel Mahlon Nathaniel tahun 1948.

Rumah ini memiliki panjang 14,6 meter dan lebar 7,6 meter. Rumah Sepatu ini digunakan sang pemilik sebagai "Guest House". Rumah ini memiliki 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, ruang tamu dan dapur.

6. Rumah Perosotan "Slide House"

Rumah Perosotan

Rumah unik yang ada di Jepang ini menggunakan perosotan untuk turun dari satu lantai ke lantai lainnya. Rumah ini terdiri dari 3 lantai dan tetap ada tangga biasa untuk digunakan naik kelantai berikutnya.

7. Rumah UFO

OFO House

Rumah unik ini dibangun oleh Curtis King tahun 1973 untuk anak laki-lakinya. Rumah UFO memiliki enam tiang penyangga dibagian bawah dan jendela-jendela di tiap sisi bangunan sebagai ventilasinya.

8. Rumah Transparan

rumah transparan

Rumah transparan ini ada di Tokyo, Jepang. Rumah ini benar-benar sangat unik karena semua isinya terbuat dari kaca transparan sehingga kelihatan dari sisi manapun diluar.

9. COB House "Rumah Tanah Liat"

COB House

COB House adalah rumah yang terbuat dari tanah liat yang dicampur dengan batu kapur dan komponen organiklainnya seperti jerami. Rumah jenis ini merupakan tipe rumah yang ramah lingkungan karena banyaknya pori didalam dindingnya yang tebal, membuat dinding bangunan rumah mudah menyimpan panas saat cuaca dingin dan memberikan kesejukan saat cuaca panas. 

Rumah jenis ini banyak ditemukan di daerah Wales, Timur Tengah, Mexico, Afrika dan New Zealand.

Comments